Securing your wordpress

Kebetulan (sebenarnya gak ada yang namanya kebetulan, semua sudah tertulis di Lauh Mahfudz ^_^) website perusahaan menggunakan wordpress.  Dipilih karena maintain / admin pagenya mudah. Kalau masalah design, biar kita bagi rejeki kepada yang ahli design.

Sempat ada kasus yang erat hubungannya dengan teknologi, sehingga management merasa perlu melibatkan pihak ketiga dari sisi keamanan.  Tiga hari aja bayarannya USD 1960, mahal ya 🙂

Kedatangan konsultan keamanan ini tidak kami (saya) sia-siakan. Saya gali abis, walaupun ditutup-tutupin juga sih keahliannya. Maklum ilmu kayak gini mahal (apa iya?)

Salah satu rekomendasi konsultan ini adalah mengamankan website perusahaan. Salah satu yang akan dibahas adalah secure wordpress. Silahkan dibaca langsung ke URL tersebut keunggulan-keunggulannya. Tapi yang pasti, kalau dulu saya bisa melihat content wordpress dengan cukup mengetikkan http://alamat.com/wp-content/// (bahaya kan kalau ada content yang bisa diambil/download ?) sekarang sudah tidak bisa.

Salah satu tips dari saya sendiri adalah dengan me-rename administration page-nya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s