Seminar IBM

Pembaca tentu tahu, siapa IBM, perusahaan besar industri IT. Kemarin tanggal 15 Maret 2012 menyelenggarakan seminar bertajuk “Transform your business to be more flexible”

Event seperti ini sering sekali diadakan oleh IBM. Saya sendiri sebenarnya malas untuk menghadirinya, karena isinya ya … apalagi kalo bukan jualan produk IBM dan partnernya. Well, kali ini saya hadir karena ada instruksi langsung dari President Director. Undangan seminar dikasih komentar oleh beliau “M-IT”… dan itu sudah cukup bagi saya untuk mematuhinya.

Namun saya tidak datang ontime karena ada pekerjaan lain yg harus diselesaikan di setengah hari.

Dan benar saja prediksi saya, ketika saya masuk sekitar jam 14.10, presentasi yang dibawakan oleh pembicara sedang cuap-cuap jualan tentang e-Plantation. Software aplikasi perkebunan yang bisa bla..bla..bla…

Yang saya ingin tekankan pada tulisan ini, justru bukan isi seminarnya karena sebagaimana saya tuliskan di atas, bahwa isi seminar umumnya jualan. Tapi ada satu sesi dimana saya sempat berkenalan dengan salah satu peserta, yang juga pegawai di salah satu perusahaan perkebunan swasta. Nah dia pun mempunyai motivasi yang sama dengan saya, datang ke acara hanya untuk berkenalan, dan memperluas networking. 

Hal-hal yang terkait dengan pengetahuan yang saya dapatkan :

satu,

– Hyper-V (produk microsoft)

– VMWare (produk orang yang pernah kerja di IBM, keluar, bikin sendiri)

– PowerV (produk IBM)

Pada prinsip kerjanya adalah sama yakni virtualisasi.

 

dua,

Hasil ngobrol dengan kenalan dalam implementasi ERP :

– Hati-hati dengan consultant IT – ERP yang tidak mau didatangi kantornya / tidak punya kantor, berani memberikan instruksi untuk “ngacak-ngacak” kebijakan IT.

– Mengukur kebutuhan perangkat : Memory-nya, Harddisknya, prosesornya dan lain sebagainya. Begitu juga dengan bandwidth yang diperlukan oleh suatu aplikasi.

 

PR buat saya adalah,

– Mencari artikel tentang bagaimana IBM bilang mereka mahal di investasi awal, tapi penghematan penggunaan listrik mencapai 70% dibandingkan produk sejenis dari pesaingnya. Karena hal ini saya tanyakan, tapi tidak puas dengan jawabannya.

– Artikel tentang contoh perhitungan kebutuhan perangkat, sebelum menentukan membeli dengan spesifikasi tertentu

 

Oh ya, alhamdulillah.. saya dapat lucky draw 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s