Shopify 1

Ternyata lama juga ya gak nulis di blog ini. Tahun lalu dan itu pun copas.

Perkembangan dunia terlalu cepat untuk dituangkan dalam blog. Tiap saat ada saja yang menarik untuk diulas.  Tapi gak apa, toh ini blog pribadi.  Gak ada yang baca pun gak masyalah. Jadi apa saja yang terjadi setahun belakangan ini ?

Hmm, kita ingat-ingat yuk…

  1. Jejaring sosial sepertinya sudah penuh dengan perang.  Jadi bukan perang fisik saja yang rame seperti di Suriah, Myanmar – Rohingya, tapi juga perang pikiran, opini publik.
  2. Isi perang tersebut berawal dari kasus penistaan agama oleh Ahok. Sebelah kiri belain, sebelah kanan gak terima.  Walaupun sudah minta maaf, proses hukum harus dilanjutkan. Waktunya berdekatan dengan pilkada, jadi ya makin rame. Macam bubur dikasih ayam, eh salah. Kalo bubur dikasih ayam, ya dimakan ayam 🙂 Maksudnya bubur ditaburi bumbu, cakwe, ayam suir-suir, daun bawang, seledri. Rame lah.
  3. Baik itu yang bela maupun yang kontra, masing-masing berusaha menggiring opini masyarakat dan mengklaim pihaknya yang benar.  Walaupun ada yang lucu, ada yang maksa. Gak usah dikasih contohlah.
  4. Hukum akhirnya menjatuhkan pidana 2 tahun penjara bagi penista agama. Yang kanan merasa menang, yang kiri pun meradang.
  5. Blok kiri berupaya mengatur strategi dan memfitnah blok kanan.  Blok kanan bikin mubahalah. Gak ada yang berani.  Eh ada yang berani langsung dikontani : masuk parit bau, kena stroke, nabrak tiang. Yang lain kita lihat saja tanggal mainnya.
  6. Sementara itu, masyarakat lainnya, walaupun tetap memperhatikan keadaan, tapi berupaya untuk menghindari komen-komen baik itu pro apalagi kontra.  Sadar bahwa mereka gak bisa membuat perubahan.  Itu diluar kuasa mereka. Yang ada malah membahayakan persaudaraan, persahabatan. Jadi walaupun dalam hati mereka bersikap, tapi nggak ditunjukkan.
  7. Nah, apa hubungan judul sama kondisi indonesia sekarang dari poin 1-6 ? kayaknya kok gak ada sih ? Emang sih, itu nyambung di tulisan berikutnya ya… kalo penasaran, komen yo 🙂
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s